Translate

Ad

Wednesday, September 10, 2014

Saluran distribusi

Produsen mempunyai banyak alternatif untuk mencapai pasar. Mereka dapat menjual langsung  atau menggunakan saluran satu tingkat, dua tingkat atau tiga tingkat.  Penentuan jenis saluran mana yang akan digunakan memerlukan analisis kebutuhan pelanggan, perumusan tujuan saluran, dan identifikasi dan evaluasi alternatif-alternatif utama, termasuk jenis dan jumlah perantara, yang terlibat dalam saluran terbut. Perusahaan tersebut harus menentukan apakah mendistribusikan produknya secara ekslusif, selektif, atau intensif, dan harus secara jelas menguraikan syarat dan tanggung jawab masing-masing anggotanya. Ada beberapa fungsi yang penting yang dilakukan perantara, diantaranya adalah: informasi, promosi, negosiasi, pemesanan, pembiayaan, pengambilan resiko, pemilihan fisik, pembayaran dan kepemilikan hak (Kottler dan Keller, 2007).

No comments:

Post a Comment