Umumnya konsumen akan tetap setia terhadap produk yang dianggapnya berkualitas yang bisa memberikan kepuasan kepadanya. Jangan meremehkan kualitas layanankepada konsumennya, karena itu adalah suatu yang sangat penting untuk memenangkan suatu persaingan pasar.
Produk monopoli mungkin seringkali meremehkan kepada kualitas pelayanan konsumen karena merasa tidak memiliki kompetitor. Itu adalah persepsi yang keliru. Apabila ada peluang munculnya kompetitor maka produknya tersebut akan segera terkalahkan oleh produk kompetitornya. Konsumen akan segera beralih dengan cepat kepada produk yang baru muncul tersebut. Karena merasa kecewa dengan layanan buruk dari produk monopoli ytersebut.
Dengan semakin tingginya tingkat persaingan bisnis telah mengalihkan perhatian banyak perusahaan penyedia jasa (service provider) untuk lebih menekankan pada upaya mempertahankan pelanggan daripada mengakuisisi pelanggan baru. Mempertahankan pelanggan yang sudah ada akan memerlukan biaya pemasaran yang jauh lebih murah dibanding biaya pemasaran untuk memperoleh pelanggan baru. Selain itu retensi pelanggan juga terbukti dapat meningkatkan laba bagi perusahaan. Kesetiaan pelanggan tersebut juga memiliki arti penting bagi perusahaan karena berkontribusi terhadap kelangsungan hidup perusahaan.
Upaya untuk meningkatkan retensi pelanggan dapat berupa menciptakan
rintangan beralih ke pesaing (switch barrier) yang tinggi serta
memuaskan pelanggan melalui pembinaan relasi yang intim (close
relationship) dengan pelanggan, yang diyakini berpengaruh positif
terhadap kesetiaan pelanggan terhadap penyedia jasa.
No comments:
Post a Comment