Translate

Ad

Wednesday, September 10, 2014

Brand equity ten:1.Brand awareness (Kesadaran Merek)

Langkah pertama untuk memasarkan suatu produk adalah dengan membuat konsumen bisa menyadari keberadaan produk kita.  Mungkin ada begitu banyak jumlah produk sejenis yang beredar di pasaran, sehingga produk kita menjadi tidak nampak di mata konsumen. Oleh karena itu seorang pemasar harus aktif untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat konsumen. Ada banyak cara untuk membuat produk kita dapat di kenal oleh konsumennya, diantaranya melalui program iklan atau dapat juga melalui sosial media. Apabila memiliki dana yang memadai kita dapat memanfaatkan program periklanan untuk menjangkau konsumen yang kita target.
Kesadaran (awareness) menggambarkan keberadaan merek di dalam pikiran konsumen, yang dapat menjadi penentu dalam beberapa kategori dan biasanya mempunyai peranan kunci dalam brand equity. Kesadaran juga mempengaruhi persepsi dan tingkah laku. Kesadaran merek merupakan kunci pembuka untuk masuk ke elemen lainnya. Piramida kesadaran merek dari tingkat terrendah sampai tingkat tertinggi adalah sebagai berikut:
1.    Unaware of brand (tidak menyadari merek)
2.    Brand recognition (pengenalan merek) adalah tingkat minimal kesadaran merek, dimana pengenalan suatu merek muncul lagi setelah dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan
3.    Brand recall (pengingatan kembali terhadap merek) adalah pengingatan kembali terhadap merek tanpa bantuan

Top of Mind (puncak pikiran) adalah merek yang disebutkan pertama kali oleh konsumen atau yang pertama kali muncul dalam benak konsumen. Dengan kata lain merek tersebut merupakan merek utama dari berbagai merek yang ada dalam benak konsumen

No comments:

Post a Comment