Dalam persaingan yang
semakin ketat untuk menjadi pemimpin pasar, pemahaman terhadap produk
dan konsumen adalah sesuatu yang sangat penting. Tuntutan dalam
penguasaan terhadap informasi adalah menjadi sesuatu yang vital.
Bagaimana dapat memasarkan sukses suatu produk apalagi menjadi pemimpin
pasar apabila produsen tidak mengerti apa yang diinginkan konsumen.
Mengetahui dan memahami persepsi konsumen terhadap produk yang kita
tawarkan ataupun terhadap produk pesaing dapat menjadi landasan yang
kuat untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif.
Riset pasar memiliki peran yang sangat penting untuk mengetahui dan
memahami kondisi pasar yang saat ini dihadapi oleh produsen. Memahami
persepsi konsumen, peta persaingan produk, peta posisi kekuatan merek
kita terhadap merek pesaing adalah beberapa hal yang berkaitan dengan
situasi kondisi pasar yang sedang dihadapi. Tentu saja masih banyak hal
yang dapat digali dalam riset pemasaran yang dapat digunakan untuk
meningkatkan efektivitas kekuatan strategi pemasaran kita. Riset
pemasaran sangat penting bagi keberlangsungan bagi sebuah usaha. Secara
sederhana riset pemasaran adalah suatu proses mengumpulkan informasi
secara sistematis mengenai pemasaran dan seluk beluknya. Informasi ini,
nantinya akan menghasilkan kumpulan info dan insight untuk memutuskan
rencana pemasaran yang akan dilakukan. Tujuannya adalah untuk membantu
pengambilan keputusan, peningkatan produk, dan mengurangi risiko
kegagalan.
No comments:
Post a Comment