Translate

Ad

Wednesday, September 10, 2014

Pentingnya melakukan riset pasar

Dalam persaingan yang semakin ketat untuk menjadi pemimpin pasar, pemahaman terhadap produk dan konsumen adalah sesuatu yang sangat penting. Tuntutan dalam penguasaan terhadap informasi adalah menjadi sesuatu yang vital. Bagaimana dapat memasarkan sukses suatu produk apalagi menjadi pemimpin pasar apabila produsen tidak mengerti apa yang diinginkan konsumen. Mengetahui dan memahami persepsi konsumen terhadap produk yang kita tawarkan ataupun terhadap produk pesaing dapat menjadi landasan yang kuat untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif.

       Riset pasar memiliki peran yang sangat penting untuk mengetahui dan memahami kondisi pasar yang saat ini dihadapi oleh produsen. Memahami persepsi konsumen, peta persaingan produk, peta posisi kekuatan merek kita terhadap merek pesaing adalah beberapa hal yang berkaitan dengan situasi kondisi pasar yang sedang dihadapi. Tentu saja masih banyak hal yang dapat digali dalam riset pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas kekuatan strategi pemasaran kita. Riset pemasaran sangat penting bagi keberlangsungan bagi sebuah usaha. Secara sederhana riset pemasaran adalah suatu proses mengumpulkan informasi secara sistematis mengenai pemasaran dan seluk beluknya. Informasi ini, nantinya akan menghasilkan kumpulan info dan insight untuk memutuskan rencana pemasaran yang akan dilakukan. Tujuannya adalah untuk membantu pengambilan keputusan, peningkatan produk, dan mengurangi risiko kegagalan.

No comments:

Post a Comment