Produk yang populer atau yang paling banyak dikenal oleh konsumen tentu akan memiliki peluang tinggi untuk dibeli. Secara alamiah, orang tentunya akan cenderung memilih produk yang lebih dikenalnya. Kecuali kalau tidak ada lagi pilihan produk lainnya.
Suatu produk akan menjadi percuma apabila keberadaannya tidak dikenal banyak oleh konsumennya. Meskipun produk tersebut sebenarnya memiliki kualitas yang baik.
Di era digital saat ini, popularitas juga memiliki peran yang sangat penting. Ketika kita memasarkan suatu produk di suatu market place yang berbasis online, popularitas juga memiliki peran yang sangat penting. Kualitas dan jumlah rating penilaian konsumen kepada suatu produk tertentu akan menentukan posisi saing produk tersebut. Apabila produk tersebut berhasil mendapat rating yang baik dari banyak konsumennya, maka akan menaikan daya saingnya terhadap produk kompetitornya.
Banyak upaya yang dilakukan oleh para pemasar digital untuk menaikan ratingnya, mulai dari menggunakan jasa reviewer sampai kepada membangun popularitas produknya secara alamiah. Menggunakan jasa reviewer untuk memberikan rate yang baik pada produk adalah jalan pintas untuk menaikan nilai persepsi kualitas suatu produk. Namun upaya tersebut sebenarnya bersifat semu. Yang paling baik adalah membangun popularitas produk secara alamiah secara kontinyu dan berkesinambungan, yaitu melalui jalinan komunikasi yang aktif. Program periklanan adalah salah satu upaya untuk membangun popularitas suatu produk yang cukup efektif. Membuat produk kita menjadi terkenal adalah bagian dari membangun strategi pemasaran yang efektif.
Pengukuran persepsi kualitas biasanya tidak memperhitungkan inovasi kompetitor. Sebenarnya yang lebih dibutuhkan oleh pasar adalah adanya tambahan konsep persepsi kualitas yang dapat menarik dinamika pasar itu sendiri.
Suatu produk akan menjadi percuma apabila keberadaannya tidak dikenal banyak oleh konsumennya. Meskipun produk tersebut sebenarnya memiliki kualitas yang baik.
Di era digital saat ini, popularitas juga memiliki peran yang sangat penting. Ketika kita memasarkan suatu produk di suatu market place yang berbasis online, popularitas juga memiliki peran yang sangat penting. Kualitas dan jumlah rating penilaian konsumen kepada suatu produk tertentu akan menentukan posisi saing produk tersebut. Apabila produk tersebut berhasil mendapat rating yang baik dari banyak konsumennya, maka akan menaikan daya saingnya terhadap produk kompetitornya.
Banyak upaya yang dilakukan oleh para pemasar digital untuk menaikan ratingnya, mulai dari menggunakan jasa reviewer sampai kepada membangun popularitas produknya secara alamiah. Menggunakan jasa reviewer untuk memberikan rate yang baik pada produk adalah jalan pintas untuk menaikan nilai persepsi kualitas suatu produk. Namun upaya tersebut sebenarnya bersifat semu. Yang paling baik adalah membangun popularitas produk secara alamiah secara kontinyu dan berkesinambungan, yaitu melalui jalinan komunikasi yang aktif. Program periklanan adalah salah satu upaya untuk membangun popularitas suatu produk yang cukup efektif. Membuat produk kita menjadi terkenal adalah bagian dari membangun strategi pemasaran yang efektif.
Pengukuran persepsi kualitas biasanya tidak memperhitungkan inovasi kompetitor. Sebenarnya yang lebih dibutuhkan oleh pasar adalah adanya tambahan konsep persepsi kualitas yang dapat menarik dinamika pasar itu sendiri.
Kepemimpinan mempunyai tiga dimensi:
- Menggambarkan bagian dari sindrom nomor satu. Artinya, jika cukup banyak konsumen ikut berperan dalam konsep merek dan membuatnya menjadi sales leader, merek tersebut pasti memiliki suatu kelebihan.
- Kepemimpinan menarik dinamika consumer acceptance, yaitu fakta bahwa setiap orang selalu ingin populer dan tidak ingin melawan arus.
- Kepemimpinan menimbulkan inovasi di dalam kelas produk, dimana sebuah merek bergerak mendahului teknologi.
No comments:
Post a Comment