Translate

Ad

Wednesday, September 10, 2014

Apa saja yang dapat ditawarkan ke pasar ?

Banyak orang berpikir bahwa sebuah produk merupakan tawaran berwujud, namun produk sebenarnya bisa lebih dari itu. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
Kottler dan Keller  menyatakan bahwa kegiatan pemasaran meliputi usaha-usaha untuk menciptakan, mempromosikan dan menyampaikan barang atau jasa kepada konsumen atau perusahaan yang memerlukannya.
  Pada prakteknya ada 10 jenis entitas yang dapat dipasarkan atau dijadikan barang dagangan, yaitu:
1.  Barang (goods), merupakan benda phisik yang umum dipahami sebagai obyek untuk diperjual-belikan.
2. Jasa (services), merupakan entitas yang tidak berwujud. Perusahaan penerbangan, hotel, salon kecantikan, meskipun bentuk usahanya secara phisik namun yang dijual sebenarnya adalah jasa penerbangan, jasa penginapan, dan jasa membuat orang tampak lebih cantik.
3.  Pengalaman (experiences) merupakan bentuk jasa yang lebih spesifik dengan cara mengolah barang dan jasa menjadi suatu pengalaman yang dirasakan oleh konsumen. Contohnya: Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya ancol, bahkan sekarang banyak bermunculan usaha perjalanan umroh yang menurut saya selain menawarkan tempat juga menawarkan pengalaman spritual.
4.  Acara (events) biasa dipasarkan oleh pemasar atau biasa disebut dengan organizer, misalnya acara bazar, pernikahan artis, jobs event.
5. Orang (persons) juga merupakan obyek yang bisa dipasarkan. Misalnya: artis penyanyi  dan mereka yang termasuk tokoh-tokoh politik, merupakan orang yang harus diperkenalkan, dipromosikan agar laku terjual
6.  Tempat (Places) Seperti Yogyakarta, Bali, Danau Toba, masing-masing bersaing untuk memperebutkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
7.  Properti merupakan hak kepemilikan atas tanah dan bangunan (real estate)  atau properti finansial, berupa saham atau obligasi.
8.  Organisasi, harus proaktif membentuk citra yang baik dan kuat dibenak publik yang menjadi pasar targetnya. Universitas memperebutkan mahasiswa, museum mendorong masyarakat untuk mengunjungi dan melihat benda-benda bersejarah yang ada di museum tersebut.
9.  Informasi, dapat diproduksi dan dipasarkan seperti layaknya suatu produk. Sekolah dan universitas bisa dilihat sebagai lembaga yang menjual informasi berupa ilmu pengetahuan dan teknologi
10. Gagasan (Ideas) sebenarnya merupakan sesuatu yang mendasari semua tawaran pasar. ”Damai itu indah”, ”Say no to drugs”, ”Selamatkan Lingkungan”, ”Mencegah lebih baik daripada mengobati”, merupakan gagasan-gagasan yang secara intensif dipasarkan oleh para pemasar sosial. Program pemerintah juga termasuk produk yang dipasarkan oleh pemerintah kepada masyarakat sasaran.

No comments:

Post a Comment