Banyak
orang berpikir bahwa sebuah produk merupakan tawaran berwujud, namun
produk sebenarnya bisa lebih dari itu. Produk adalah segala sesuatu yang
dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
Kottler
dan Keller menyatakan bahwa kegiatan pemasaran meliputi usaha-usaha
untuk menciptakan, mempromosikan dan menyampaikan barang atau jasa
kepada konsumen atau perusahaan yang memerlukannya.
Pada prakteknya ada 10 jenis entitas yang dapat dipasarkan atau dijadikan barang dagangan, yaitu:
1. Barang (goods), merupakan benda phisik yang umum dipahami sebagai obyek untuk diperjual-belikan.
2. Jasa (services),
merupakan entitas yang tidak berwujud. Perusahaan penerbangan, hotel,
salon kecantikan, meskipun bentuk usahanya secara phisik namun yang
dijual sebenarnya adalah jasa penerbangan, jasa penginapan, dan jasa
membuat orang tampak lebih cantik.
3. Pengalaman (experiences)
merupakan bentuk jasa yang lebih spesifik dengan cara mengolah barang
dan jasa menjadi suatu pengalaman yang dirasakan oleh konsumen. Contohnya:
Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya ancol, bahkan sekarang banyak
bermunculan usaha perjalanan umroh yang menurut saya selain menawarkan
tempat juga menawarkan pengalaman spritual.
4. Acara (events) biasa dipasarkan oleh pemasar atau biasa disebut dengan organizer, misalnya acara bazar, pernikahan artis, jobs event.
5. Orang (persons) juga merupakan obyek yang bisa dipasarkan. Misalnya: artis penyanyi dan mereka yang termasuk tokoh-tokoh politik, merupakan orang yang harus diperkenalkan, dipromosikan agar laku terjual
6. Tempat (Places) Seperti Yogyakarta, Bali, Danau Toba, masing-masing bersaing untuk memperebutkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
7. Properti merupakan hak kepemilikan atas tanah dan bangunan (real estate) atau properti finansial, berupa saham atau obligasi.
8. Organisasi,
harus proaktif membentuk citra yang baik dan kuat dibenak publik yang
menjadi pasar targetnya. Universitas memperebutkan mahasiswa, museum
mendorong masyarakat untuk mengunjungi dan melihat benda-benda
bersejarah yang ada di museum tersebut.
9. Informasi,
dapat diproduksi dan dipasarkan seperti layaknya suatu produk. Sekolah
dan universitas bisa dilihat sebagai lembaga yang menjual informasi
berupa ilmu pengetahuan dan teknologi
10. Gagasan (Ideas)
sebenarnya merupakan sesuatu yang mendasari semua tawaran pasar. ”Damai
itu indah”, ”Say no to drugs”, ”Selamatkan Lingkungan”, ”Mencegah lebih
baik daripada mengobati”, merupakan gagasan-gagasan yang secara
intensif dipasarkan oleh para pemasar sosial. Program pemerintah juga
termasuk produk yang dipasarkan oleh pemerintah kepada masyarakat
sasaran.
No comments:
Post a Comment