Pengukuran
ekuitas merek dapat menjadi bias bila kenaikan pangsa pasar disebabkan
oleh penurunan harga atau promosi harga. Bahkan harga yang diturunkan
tanpa mengikuti mekanisme struktur harga akan mengikis nilai ekuitas
merek. Karena itu penting untuk mengukur relative market price
saat mereka dijual, yang dapat dihitung sebagai harga rata-rata saat
merek dijual dalam bulan yang bersangkutan dibagi harga rata-rata semua
merek yang dijual. Pengukuran harga pasar menjadi sangat penting untuk
mengetahui apakah harga kita terlalu tinggi (over pricing) atau terlalu rendah (under pricing). Jadi penetapan harga harus memperhatikan faktor internal maupun eksternal.
Penetapan harga berdasarkan harga pasar biasanya dimulai dari kebutuhan pelanggan (customer needs)
kemudian baru dari faktor-faktor lainnya, seperti reaksi pesaing,
posisi produk di pasar, dan masalah biaya serta margin. Pangsa pasar
atau sales data juga sensitif terhadap jangkauan distribusi. Perolehan
atau kehilangan outlet utama, atau perpindahan ke wilayah geografis lain
dapat mempengaruhi pencapaian penjualan. Oleh karena itu sangat penting
untuk melihat dengan jelas ekuitas merek berdasarkan perubahan
jangkauan distribusi yang dibentuk dengan memperkuat persepsi kualitas
atau identitas merek.
No comments:
Post a Comment