Translate

Ad

Monday, November 17, 2014

Pengumpulan Data dan Desain Survey

   Amerika Serikat telah beralih dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Artinya ini adalah bahwa perekonomiannya sekarang sudah kurang bergantung pada pembuatan barang-barang tapi lebih fokus pada informasi tentang orang-orang, bagaimana perilaku orang-orang, dan apa kebutuhan mereka. Dimana dulu, Amerika Serikat menfokuskan  pada memproduksi mobil, sekarang lebih kepada berusaha mencari informasi tentang  kebiasaan membeli dari individu-individu,  memahami jenis mobil apa yang mereka paling mungkin untuk beli. Informasi tentang kebiasaan belanja masyarakat dan kecenderungan pribadi dihargai dalam perekonomian saat ini dan karena ketergantungan pada informasi, pekerjaan statistik yang dilakukan adalah sangat memiliki nilai. Tapi statistik tidak dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa adanya data. Sehingga proses atau metode pengumpulan data merupakan sesuatu yang sangat penting.

Survey: Sebuah metode pengumpulan data dari sekelompok individu yang sering dilakukan melalui telepon, surat atau web.

Sementara survei tetap menjadi cara utama untuk mengumpulkan informasi , ada beberapa metode lain yang dapat seefektif survei. Misalnya , pemerintah AS memberikan beberapa set data yang tersedia dari survei yang mereka lakukan untuk Websitewww.data.gov dengan mengkompilasi beberapa Data yang disponsori pemerintah untuk individu masyarakat yang berkepentingan dengan data tersebut . Selain pemerintah , peneliti juga  sering membuat set data dari beberapa hasil  penelitian yang baik untuk mereka sendiri maupun untuk orang lain yang berkepentingan. Di luar set data, kelompok fokus  (focus group) dan wawancara mendalam secara  pribadi juga merupakan sumber  yang sangat baik untuk mengumpulkan data. Masing masing memiliki sumber data yang berbeda serta  memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebagaimana dinyatakan di atas, set data yang ada, bisa berasal dari survei yang disponsori pemerintah atau peneliti. Sumber Data ini dikenal sebagai sumber data sekunder . Manfaat menggunakan Sumber data sekunder adalah murah dan  mudah karena sebagian besar pekerjaan pengumpulan dan pengolahan data telah dilakukan oleh orang lain . Kelemahannya  adalah bahwa data-data tersebut mungkin belum mampu  secara langsung menjawab pertanyaan dari  penelitian yang yang saat ini sedang atau mau dilakukan.

Wawancara pribadi adalah metode lain dalam pengumpulan data . Wawancara pribadi melibatkan satu orang yang  langsung mewawancarai orang lain . Mereka terutama digunakan ketika subjek tidak memungkinkan  untuk menggunakan metode survei lainnya seperti survei online. Keuntungan dari wawancara pribadi adalah mendalam dan sangat komprehensif . Artinya , pewawancara memiliki kemampuan untuk menyelidiki responden dengan lebih detail, yang diperlukan untuk sepenuhnya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Selain itu, wawancara pribadi memiliki tingkat respon yang sangat tinggi .

Kelemahan dari wawancara pribadi adalah umumnya memiliki biaya yang  besar dibandingkan dengan metode survei lainnya . Selain itu, dapat memakan waktu, sehingga karena masalah persyaratan waktu inilah  wawancara pribadi , biasanya memiliki  ukuran sampel dan  pengumpulan data yang kecil .

Selain metode pengumpulan data , fokus Grup  adalah teknik penelitian yang sering digunakan untuk mengeksplorasi ide-ide dari masyarakat dan sikapnya  terhadap suatu item yang menarik . Fokus grup sering digunakan untuk menguji pendekatan suatu produk baru, karena dapat mengamati secara real time pikiran calon pelanggan pada produk baru tersebut. Sebuah fokus grup biasanya dilakukan oleh moderator , yang memimpin diskusi dengan grupnya. Diskusi sering diamati oleh pihak luar yang mencatat reaksi dari kelompok terhadap produk. Keuntungan dari fokus grup adalah peneliti dapat mengumpulkan data tentang suatu peristiwa yang belum terjadi, seperti produk baru atau potensi kampanye iklan baru . Kerugian dari fokus grup adalah grup mungkin tidak mewakili populasi dan isu ukuran sampel yang kecil, oleh karena itu generalisasi dari kesimpulan dari fokus grup untuk populasi yang lebih besar bisa tidak valid . Tapi karena Tujuan melakukan fokus grup jarang untuk melakukan analisis statistik yang valid , maka fokus grup  dapat berguna untuk mendapatkan informasi atau untuk mengetahui reaksi awal konsumen terhadap  suatu produk baru.

Cara utama untuk mengumpulkan data adalah melalui survei berbasis kuesioner , diberikan baik melalui mail, telepon atau lebih sering pada masa sekarang ini ,  melalui internet . Dalam survei berbasis kuesioner , peneliti mendistribusikan kuesioner kepada sekelompok orang dan kemudian menunggu tanggapannya sehingga peneliti selanjutnya dapat menganalisis data. Ada beberapa keuntungan melakukan survei . Yang pertama adalah kuesioner adalah salah satu cara mengumpulkan banyak informasi dengan biaya yang efektif  . Kuesioner juga dapat mencakup luas wilayah geografis , sehingga meningkatkan kemungkinan memiliki sampel yang representatif dari populasi . Kerugian utama dari survei mail / internet adalah bahwa tingginya sikap tidak respon dari responden  . Juga, sedikitnya  atau bahkan  tidak ada kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tindak lanjut .

Ada beberapa prinsip utama yang perlu diingat ketika mengembangkan kuesioner. Yang pertama adalah  mendefinisikan tujuan dari penelitian secara jelas, sebelum survey dilakukan perlu mengemukakan alasan mengapa survey ini perlu dilakukan dan menulis pertanyaan yang berkontribusi terhadap  pencapaian tujuan tersebut. Kedua, tingkat respons sering dimaksimalkan dengan menjaga kuesioner sesingkat mungkin. Oleh karena itu, hanya mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan studi  saja dan menghindari pertanyaan yang hanya "sekedar  untuk diketahui". Hal ini juga membantu untuk merumuskan rencana analisis penelitian(misalnya bagaimana kita berencana untuk menganalisis data) sebelum menulis kuesioner. Hal ini akan membantu kita untuk menjaga tujuan penelitian dalam pikiran saat kita  bergerak mulai menulis kuesioner.

Untuk membangun sebuah kuesioner yang baik, ada beberapa elemen untuk menulis baik suatu pertanyaan. Pertama dan terpenting, pertanyaan yang bagus, jelas tertulis dan dapat membangkitkan respon yang akurat jujur​​. Pertanyaan  satu dimensi, pertanyaan yang hanya mencakup satu topik, sangat cocok untuk melakukan hal ini. Misal contoh berikut:

Apa jenis komputer yang Anda miliki?
A) Macintosh
B) PC

Sepintas ini mungkin tampak seperti pertanyaan yang bagus. Ini hanya mencakup satu topik dan peluang yang baik bahwa responder tidak akan bingung ketika membacanya. Kesalahan utama untuk pertanyaan ini adalah bahwa hal itu tidak mencakup semua respon yang memungkinkan. Bagaimana jika responden tidak memiliki komputer? Tidak ada pilihan untuk melaporkan respon pertanyaan jika ternyata jawaban responden bukan kedua jawaban yang disebutkan dalam pertanyaan kuesioner tersebut . Oleh karena itu, pertanyaan yang lebih baik mungkin:

Apa jenis komputer yang Anda miliki?
A) Macintosh
B) PC
C) Tidak keduanya

No comments:

Post a Comment