Amerika Serikat telah beralih dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Artinya ini adalah bahwa perekonomiannya sekarang sudah kurang bergantung pada pembuatan barang-barang tapi lebih fokus pada informasi tentang orang-orang, bagaimana perilaku orang-orang, dan apa kebutuhan mereka. Dimana dulu, Amerika Serikat menfokuskan pada memproduksi mobil, sekarang lebih kepada berusaha mencari informasi tentang kebiasaan membeli dari individu-individu, memahami jenis mobil apa yang mereka paling mungkin untuk beli. Informasi tentang kebiasaan belanja masyarakat dan kecenderungan pribadi dihargai dalam perekonomian saat ini dan karena ketergantungan pada informasi, pekerjaan statistik yang dilakukan adalah sangat memiliki nilai. Tapi statistik tidak dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa adanya data. Sehingga proses atau metode pengumpulan data merupakan sesuatu yang sangat penting.
Survey: Sebuah metode pengumpulan data dari sekelompok individu yang sering dilakukan melalui telepon, surat atau web.
Sementara
survei tetap menjadi cara utama untuk mengumpulkan informasi , ada
beberapa metode lain yang dapat seefektif survei. Misalnya , pemerintah
AS memberikan beberapa set data yang tersedia dari survei yang mereka
lakukan untuk Websitewww.data.gov dengan mengkompilasi beberapa Data
yang disponsori pemerintah untuk individu masyarakat yang berkepentingan
dengan data tersebut . Selain pemerintah , peneliti juga sering membuat set data dari beberapa hasil penelitian yang baik untuk mereka sendiri maupun untuk orang lain yang berkepentingan. Di luar set data, kelompok fokus (focus group) dan wawancara mendalam secara pribadi juga merupakan sumber yang sangat baik untuk mengumpulkan data. Masing masing memiliki sumber data yang berbeda serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Sebagaimana
dinyatakan di atas, set data yang ada, bisa berasal dari survei yang
disponsori pemerintah atau peneliti. Sumber Data ini dikenal sebagai
sumber data sekunder . Manfaat menggunakan Sumber data sekunder adalah
murah dan mudah karena sebagian besar pekerjaan pengumpulan dan pengolahan data telah dilakukan oleh orang lain . Kelemahannya adalah bahwa data-data tersebut mungkin belum mampu secara langsung menjawab pertanyaan dari penelitian yang yang saat ini sedang atau mau dilakukan.
Wawancara pribadi adalah metode lain dalam pengumpulan data . Wawancara pribadi melibatkan satu orang yang langsung mewawancarai orang lain . Mereka terutama digunakan ketika subjek tidak memungkinkan untuk menggunakan metode survei lainnya seperti survei online. Keuntungan dari wawancara pribadi adalah mendalam dan sangat komprehensif . Artinya , pewawancara memiliki kemampuan untuk menyelidiki responden dengan lebih detail, yang diperlukan untuk sepenuhnya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Selain itu, wawancara pribadi memiliki tingkat respon yang sangat tinggi .
Kelemahan dari wawancara pribadi adalah umumnya memiliki biaya yang besar
dibandingkan dengan metode survei lainnya . Selain itu, dapat memakan
waktu, sehingga karena masalah persyaratan waktu inilah wawancara pribadi , biasanya memiliki ukuran sampel dan pengumpulan data yang kecil .
Selain metode pengumpulan data , fokus Grup adalah teknik penelitian yang sering digunakan untuk mengeksplorasi ide-ide dari masyarakat dan sikapnya terhadap
suatu item yang menarik . Fokus grup sering digunakan untuk menguji
pendekatan suatu produk baru, karena dapat mengamati secara real time
pikiran calon pelanggan pada produk baru tersebut. Sebuah fokus grup
biasanya dilakukan oleh moderator , yang memimpin diskusi dengan
grupnya. Diskusi sering diamati oleh pihak luar yang mencatat reaksi
dari kelompok terhadap produk. Keuntungan dari fokus grup adalah
peneliti dapat mengumpulkan data tentang suatu peristiwa yang belum
terjadi, seperti produk baru atau potensi kampanye iklan baru . Kerugian
dari fokus grup adalah grup mungkin tidak mewakili populasi dan isu
ukuran sampel yang kecil, oleh karena itu generalisasi dari kesimpulan
dari fokus grup untuk populasi yang lebih besar bisa tidak valid . Tapi
karena Tujuan melakukan fokus grup jarang untuk melakukan analisis
statistik yang valid , maka fokus grup dapat berguna untuk mendapatkan informasi atau untuk mengetahui reaksi awal konsumen terhadap suatu produk baru.
Cara utama untuk mengumpulkan data adalah melalui survei berbasis kuesioner , diberikan baik melalui mail, telepon atau lebih sering pada masa sekarang ini , melalui internet . Dalam survei berbasis kuesioner , peneliti mendistribusikan kuesioner kepada sekelompok orang dan kemudian menunggu tanggapannya sehingga peneliti selanjutnya dapat menganalisis data. Ada beberapa keuntungan melakukan survei . Yang pertama adalah kuesioner adalah salah satu cara mengumpulkan banyak informasi dengan biaya yang efektif . Kuesioner juga dapat mencakup luas wilayah geografis , sehingga meningkatkan kemungkinan memiliki sampel yang representatif dari populasi . Kerugian utama dari survei mail / internet adalah bahwa tingginya sikap tidak respon dari responden . Juga, sedikitnya atau bahkan tidak ada kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tindak lanjut .
Ada beberapa prinsip utama yang perlu diingat ketika mengembangkan kuesioner. Yang pertama adalah mendefinisikan
tujuan dari penelitian secara jelas, sebelum survey dilakukan perlu
mengemukakan alasan mengapa survey ini perlu dilakukan dan menulis
pertanyaan yang berkontribusi terhadap pencapaian
tujuan tersebut. Kedua, tingkat respons sering dimaksimalkan dengan
menjaga kuesioner sesingkat mungkin. Oleh karena itu, hanya mengajukan
pertanyaan yang berhubungan dengan studi saja dan menghindari pertanyaan yang hanya "sekedar untuk
diketahui". Hal ini juga membantu untuk merumuskan rencana analisis
penelitian(misalnya bagaimana kita berencana untuk menganalisis data)
sebelum menulis kuesioner. Hal ini akan membantu kita untuk menjaga
tujuan penelitian dalam pikiran saat kita bergerak mulai menulis kuesioner.
Untuk
membangun sebuah kuesioner yang baik, ada beberapa elemen untuk menulis
baik suatu pertanyaan. Pertama dan terpenting, pertanyaan yang bagus,
jelas tertulis dan dapat membangkitkan respon yang akurat jujur.
Pertanyaan satu dimensi, pertanyaan yang hanya mencakup satu topik, sangat cocok untuk melakukan hal ini. Misal contoh berikut:
Apa jenis komputer yang Anda miliki?
A) Macintosh
B) PC
A) Macintosh
B) PC
Sepintas ini mungkin tampak seperti pertanyaan yang bagus. Ini hanya mencakup satu topik dan peluang yang baik bahwa responder tidak akan bingung ketika membacanya. Kesalahan utama untuk pertanyaan ini adalah bahwa hal itu tidak mencakup semua respon yang memungkinkan. Bagaimana jika responden tidak memiliki komputer? Tidak ada pilihan untuk melaporkan respon pertanyaan jika ternyata jawaban responden bukan kedua jawaban yang disebutkan dalam pertanyaan kuesioner tersebut . Oleh karena itu, pertanyaan yang lebih baik mungkin:
Apa jenis komputer yang Anda miliki?
A) Macintosh
B) PC
C) Tidak keduanya
A) Macintosh
B) PC
C) Tidak keduanya
No comments:
Post a Comment